Wednesday, April 2, 2014

Ruang Lingkup dan Fungsi Klasifikasi

A.    Konsep Klasifikasi
Klasifikasi adalah pengelompokan yang sistematis dari pada sejumlah objek, gagasan, buku atau benda-benda lain ke dalam kelas atau golongan tertentu berdasrkan ciri-ciri yang sama (Towa P. Hamakonda dan J.N.B. Tairas : 1998).
Sistem klasifikasi dalam perpustakaan adalah untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkannya. Berikut beberapa sistem klasifikasi dalam dunia perpustakaan :
1.      Klasifikasi Artifisial.
Klasifikasi artifisial merupakan kegiatan pengelompokan koleksi/bahan pustaka berdasrkan ciri dan sifat dari koleksi tersebut. Contohnya mengelompokan berdasarkan nama pengarang, warna sampul, ukuran, dan lain sebagainya.
2.      Klasifikasi Fundamental
Klasifikasi Fundamental merupakan kegiatan pengelompokan bahan pustaka dengan menentukan subjek atau berdasarkan isi pokok dari suatu buku. Klasifikasi fundamental ini memiliki beberapa keuntungan yaitu, sbb :
a.       Koleksi yang subjeknya sama letaknya akan berdekatan
b.      Dapat dijadikan untuk bahan pertimbangan dalam menilai sebuah koleksi, dengan cara melihat atau membandingkan subjeknya.
c.       Dengan menggunakan subjek, pengguna akan lebih mudah dalam mencari/menelusur informasi.
d.      Pembuatan bibliografi juga akan lebih mudah dengan melihat pokok bahasan koleksi.
e.       Dapat membantu penyiangan (weeding).
Di dalam klasifikasi fundamental ada beberapa sistem klasifikasi yaitu sistem klasifikasi DDC, UDC dan LCC. DDC merupakan sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia perpustakaan, yang dalam pengembangannya menggunakan angka decimal. Sedangkan sistem ini UDC merupakan perluasan dari sistem klasifikasi DDC, UDC pertama kali diterbitkan pada tahun 1905 yang dikembangkan oleh Federation International Documentation (FID).
LCC ( Library of Congress Classification ) merupakan sistem klasifikasi yang disusun berdasarkan abjad dengan menggunakan huruf dan angka sebagai simbol. LCC ini dikembangkan oleh Library of Congress.
3.      Klasifikasi Utility
Klasifikasi Utility merupakan kegiatan mengelompokan koleksi/bahan pustaka berdasarkan penggunaan dan juga jenisnya. Seperti koleksi untuk anak-anak dan dewasa, koleksi untuk siswa dan guru, koleksi referens dan sirkulasi.
B.     Fungsi Klasifikasi
Dalam dunia perpustakaan, klasifikasi merupakan proses penyusunan bahan pustaka secara sistematis berdasarkan nama pengarang, subjek, ciri-ciri maupun sifat dari suatu bahan koleksi tersebut dan dapat membantu pemustaka dalam penulusuran informasi. Dengan demikian fungsi dari pengklasifikasian bahan pustaka adalah sbb :
1.      Sebagai sarana penyusunan bahan pustaka di rak.
Fungsi ini bertujuan agar pengguna perpustakaan dapat mengidentikkan bahan pustaka berdasarkan nomor panggil (card number) dan juga koleksi perpustakaan akan terpajang di rak berdasarkan jenisnya dan pengguna akan sangat mudah dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

2.      Sebagai sarana penyusunan entri bibliografis dalam katalog tercetak, bibliografi dan indeks dalam tata susunan yang sistematis.

No comments:

Post a Comment