Thursday, April 3, 2014

Buku Tahunan (Yearbook)

A. Pengertian
Buku tahunan Adalah buku yang diterbitkan setiap tahun, berisi informasi mutakhir mengenai segala sesuatu dalam bentuk uraian singkat atau statistic mengenai catatan kejadian atau perkembangan suatu masalah /subyek dalam satu tahun terakhir. Buku tahunan sangat berguna untuk penelitian sejarah karena biasanya disajikan secara lengkap dan diterbitkan dalam tahun setelah terjadi suatu peristiwa. Seperti telah disinggung di atas, buku tahunan biasanya memuat keterangan mengenai kejadian-kejadian dan perkembangan dalam suatu bidang tertentu selama satu tahun, dan biasanya memuat pula data statistik.

B. Fungsi Buku Tahunan (Yearbook)
  • Untuk menjaga kesegaran isi suatu informasi
Salah satu tujuan diterbitkannya buku tahunan ini adalah untuk menjaga kesegaran informasi dari buku-buku standard yang biasanya direvisi secara total pada waktu-waktu tertentu saja. Ensiklopedi misalnya, untuk menjaga kemutakhiran isinya tidak akan direvisi (dengan menuliskan semua artikelnya) setiap tahun, tetapi hanya dengan menerbitkan buku tahunan ensiklopedi itu sendiri. Oleh karena itu untuk mencari informasi yang relatif baru, pada suatu subyek atau pribadi tertentu, maka pemakai biasanya menggunakan almanak atau buku tahunan. 
  • Untuk digunakan mencari keterangan singkat mengenai kejadian-kejadian
Buku tahunan diterbitkan dengan tujuan agar dapat digunakan untuk mencari keterangan singkat mengenai kejadian-kejadian terakhir. Apabila pemakai membutuhkan latar belakang informasi tentang perkembangan terakhir suatu subyek, atau mencari informasi tentang peristiwa yang tidak ditemukan dalam almanak, maka pemakai tersebut dapat menggunakan buku tahunan.
  • Memberikan keterangan tentang perkembangan tertentu pada masa lalu
Karena buku tahunan memberikan informasi singkat mengenai peristiwa atau kejadian terakhir maka sumber rujukan ini dapat pula memberikan informasi tentang kecenderungan dari suatu kemajuan pada periode tertentu di masa lampau. Sebagai contoh pada world almanac terbitan 1908 artikel yang membahas tentang kereta api menghabiskan sebanyak 22 halaman, tetapi pada terbitan tahun 1977 artikel yang sama hanya menghabiskan 3 halaman saja. Sebaliknya jumlah halaman yang dipakai untuk menulis artikel mengenai televisi menjadi hampir 10 halaman lebih banyak pada kurun waktu tersebut.
  • Indeks kejadian-kejadian terakhir 
Beberapa buku tahunan mengutip sumber-sumber informasi pada masa lampau. Oleh karena itu buku tahunan ini dapat juga digunakan sebagai indeks. 
  • Sebagai petunjuk dan sumber keterangan biografi.
Beberapa buku tahunan berisi informasi yang juga bisa kita temukan dalam direktori. Sebagai contoh pada bidang tertentu dalam sebuah buku tahunan mungkin terdapat nama orang yang menjadi pelopor, atau ahli dalam bidang tersebut disertai dengan alamatnya, bahkan juga disertai dengan biografi ringkas dari ahli tersebut.

C. Jenis Buku Tahunan (Yearbook)
Jenis Buku Tahunan, ada beberapa nama buku rujukan tentang informasi yang kurang lebih sama dengan buku tahunan. Nama-nama tersebut misalnya; Suplemen ensiklopedi, annual, almanak, kalender, atau nama sederhana lainnya seperti catatan perkembangan masalah tertentu pada tahun tertentu.
  • Suplemen Ensiklopedi
Suplemen suatu buku ensiklopedi yang berjilid banyak sering menerbitkan suatu terbitan khusus tiap tahun. Terbitan ini dimaksudkan untuk menjaga kemuktahiran informasi yang disajikan. Mengingat banyak informasi baru yang perlu ditambahkan pada ensiklopedi atau sebagai perbaikan informasi yang sudah dimuat pada terbitan sebelumnya. Oleh karena itu untuk sementara diterbitkanlah suatu terbitan tambahan atau terbitan selingan yang sering disebut suplemen atau buku tahunan ensiklopedia. Jadi buku ini merupakan suatu pelengkap dari ensiklopedia yang telah diterbitkan lebih dahulu. Karena suplemen ensiklopedia ini terbit setiap tahun, maka disebut buku tahunan. 
  • Almanak
Nama lain untuk buku tahunan adalah almanak. Almanak yaitu suatu jenis buku rujukan yang menyerupai suatu kalender kegiatan. Disusun secara kronologis atau berdasarkan waktu dan umumnya memuat informasi mengenai ramalan-ramalan cuaca, data statistik suatu organisasi atau lembaga, dan catatan-catatan mengenai kejadian yang nyata. Informasi yang disajikan cukup mutakhir (fakta).
  • Annual 
Annual adalah juga buku tahunan yang terbit setiap tahun, berisi tentang kejadian atau perkembangan terakhir selama satu tahun. Annual ini sedikit berdeda dengan yearbook, pada annual biasanya informasi yang disajikan tidak menekankan pada data statistik. Sedangkan untuk yearbook informasi yang disajikan harus disertakan dengan data statistic dari informasi tersebut.

Sumber Referensi :

1 comment: